Belajar Pengelolaan Informasi, KNPI Kunjungi Kominfo

PADANG PANJANG, KOMINFO -- Menjalankan salah satu program kerja Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang Panjang, empat orang perwakilan kepengurusan melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Senin (4/10).

Rombongan yang terdiri dari Mhd. Nur Sya'ban, Gusneli, Rajes Muri, dan Wiyangga itu, ingin beraudensi sekaligus diskusi dan sharing mengenai dokumentasi dan publikasi yang dilakukan Diskominfo.

"Kami mengapresiasi kerja Kominfo yang bergerak cepat dalam memberikan layanan dan informasi kepada masyarakat," sebut Nur Sya'ban seusai diterima Sekretaris Diskominfo, Busmar Chandra, S.Kom, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Maryulis Max, S.Sos, M.I.Kom dan Kepala Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media, Budiono, S.ST.

Dijelaskan Nur Sya'ban, KNPI adalah salah satu organisasi nirlaba yang berfungsi melayani masyarakat dari berbagai organisasi kepemudaan. "KNPI juga harus mampu memecahkan berbagai permasalahan atau memenuhi kebutuhan yang menjadi kesenjangan di kalangan masyarakat," ujarnya.

Di KNPI, katanya, juga memiliki Bidang Komunikasi dan Informatika yang tupoksinya sama dengan Diskominfo sebagai media publikasi.

"Kami dari KNPI banyak belajar dari Kominfo. Terlebih dalam mengelola media sosial dan website yang terkait. Kami juga takjub dengan para admin yang selalu fast response dalam menjawab pertanyaan yang masuk ke akun Diskominfo," timpal Rajes Muri.

Sementara itu, Busmar Chandra menyambut baik pihak KNPI yang mau belajar bersama untuk mengelola publikasi yang lebih baik lagi ke depannya. "Tak hanya sekadar memberikan informasi, Diskominfo juga sebagai pusat dokumentasi seluruh kegiatan yang ada di Kota Padang Panjang," jelasnya.

Budiono menambahkan, terkait konvergensi media yang terjadi di era ini, salah satu cara menangani ujaran kebencian, kita harus lebih ekstra memberikan konten dan tulisan yang positif untuk memotivasi siapapun yang membacanya. "Peran itu juga bisa dimainkan KNPI bersama elemen masyarakat lainnya," ucapnya.