E-Government & Teknologi Informasi

Tugas Pokok

Bidang E-Government dan Teknologi Informasi yang di kepalai oleh Kepala Bidang E-Government dan Teknologi Informasi mempunyai tugas melaksanakan di bidang E-Government dan Teknologi Informasi, statistik dan persandian daerah.

Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang E-Government dan Teknologi Informasi mempunyai fungsi:

  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program infrastruktur teknologi dan persandian.
  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program statistik.
  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program layanan aplikasi.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Uraian Tugas

Uraian tugas Kepala Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • Merencakan operasional di bidang E-Government dan Teknologi berdasarkan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika sebagaimana pedoman pelaksanaan tugas.
  • Membagi tugas kepada bawahan di Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang dilaksanakan berjalan efisien dan efektif.
  • Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas.
  • Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi kegiatan Seksi Statistik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi kegitan Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Merancang Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan.
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Bidang E-Government dan Teknologi Informasi denga cara membandingkan rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan dan kegiatan kinerja di masa yang akan datang.
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas di bidang E-Government dan Teknologi Informasi sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Bidang E-Government dan Teknologi Informasi atas 3 seksi yaitu Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian, Seksi Statistik, Seksi Layanan Aplikasi

Seksi Infrastruktur Tenologi dan Persandian

Seksi Infrastruktur Tenologi dan Persandian yang dikepalai oleh Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian mempunyai tugas Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas Seksi Infrastruktur teknologi dan persandian.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian memiliki fungsi:

  • penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian
  • penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencanakan kegiatan pada seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian berdasarkan program kerja Bidang E-Covernment dan Teknologi Informasi sebagai pedoman dalam melaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas seksi Infrastruktur dan Teknologi Informasi
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan seksi Infrastruktur dan Teknologi Informasi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan seksi Infrastruktur dan Teknologi Informasi sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai bahan analisa kesesuaian target dengan realisasi pekerjaan
  • menyiapkan bahan penyelenggraan kegiatan persandian di lingkup Pemerintahan Kota Padang Panjang sesuai dengan kebijakan daerah yan berlaku untuk pengamanan informasi Pemerintahan Kota Padang Panjang
  • melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana Teknologi Informasi pemerintahan sesuai dengan kebijakan daerah yang berlaku untuk mewujudkan Padang Panjang Smart City
  • melaksanakan pengelolaan akase internet pemerintahan dan layanan penetapan lokasi internet protokol di lingkungan pemerintahan daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk peningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi
  • menyelenggarakan layanan operasional, interoperbilitas dan audit serta evaluasi infrastruktur teknologi informasi, persandian dan keamanan informasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mewujudkan Padang Panjang Smart City
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Seksi Statistik

Seksi Statistik yang dikepalai oleh Kepala Seksi Statistik mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas Seksi Statistik.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Seksi Statistik memiliki fungsi:

  • penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Statistik
  • pengumpulan dan pengolahan data Seksi Statistik
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan lingkup tugasnya dan
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai denga likungan lingkup tugasnya.

Uraian tugas Kepala Seksi Statistik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencakan kegiatan pada Seksi Statistik berdasarkan program kerja Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Statistik
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Statistik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Statistik sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai bahan analisa kesesuaian dengan realisasi pekerjaan
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program. petunjuk teknis, penelitian dan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintahan Daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk menyediakan data yang akurat, mutakhir dan terpandu.
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan layan satu data berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tersedianya data informasi pemerintahan daerah
  • melaksanakan layanan koordinasi dan kerjasama lintas sektoral dalam urusan statistik berdasarkan prosedur dan ketentuan yaeng berlaku agar tersedianya data informasi pemerintahan daerah
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Lingkup Seksi Statistik sesuai dengan pelaksanaan tugas berdarkan ketentuan yang berlaku
  • melaporkan hasil kegiatan Seksi Statistik sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Seksi Layanan Aplikasi

Seksi Layanan Aplikasi yang dikepalai oleh Kepala Seksi Layanan Aplikasi mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan tugas Seksi Layanan Aplikasi.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Layanan Aplikasi memiliki fungsi:

  • penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Seksi Layanan Aplikasi
  • pengumpulan dan pengolahan data Seksi Layanan Aplikasi
  • pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi sesuai deng lingkup tugasnya dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Layanan Aplikasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencakan kegiatan pada Seksi Layanan Aplikasi berdasarkan program kerja Bidang E-Government dan Teknologi Informasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Layanan Aplikasi
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan
    Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai bahan analisa kesesuaian dengan realisasi pekerjaan
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program. petunjuk teknis, penelitian dan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintahan Daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk menyediakan data yang akurat, mutakhir dan terpandu.
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan layan satu data berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tersedianya data informasi pemerintahan daerah
  • melaksanakan layanan koordinasi dan kerjasama lintas sektoral dalam urusan statistik berdasarkan prosedur dan ketentuan yaeng berlaku agar tersedianya data informasi pemerintahan daerah
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Lingkup Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan pelaksanaan tugas berdarkan ketentuan yang berlaku
  • melaporkan hasil kegiatan sesuai dengan Seksi Layanan Aplikasi sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.