Informasi & Komunikasi Publik

Tugas Pokok

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik yang dikepalai oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan di bidang Pengolahan Informasi dan Komunikasi Publik.

Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai fungsi:

  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pengolahan informasi publik.
  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program pengolahan komunikasi publik.
  • Penyusunan kebijakan teknis dan penyelenggaraan program Dokumentasi dan Hubungan Media.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesusai bidang tugasnya.

Uraian Tugas

Uraian tugas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • Merencanakan operasional di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik berdasarkan program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  • Membagi tugas kepada bawahan di Bidang Informasi dan Komunikasi sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang dilaksanakan berjalan efisien dan efektif.
  • Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas.
  • Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi kegiatan Seksi Pengelahan Informasi Publik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi Kegiatan Seksi Pengelolahan Komunikasi Publik sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Menyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan Memfasilitasi kegiatan Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tercapai target kinerja yang diharapkan.
  • Merancang Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan.
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dengan cara membandingkan rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja dimasa yang akan datang.
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas di Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik atas 3 seksi yaitu Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik, Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media

Seksi Pengelolaan Informasi Publik

Seksi Pengelolaan Informasi Publik yang dikepalai oleh Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan sepervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pengendalian opini dan aspirasi publik di Lingkup Pemerintahan Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengelolaan Informasi Publik memiliki fungsi:

  • penyiapan bahan peremusan kebijakan teknis operasional pengendalian komunikasi publik
  • penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja Seksi Pengendalian Komunikasi Publik
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Seksi Pengelolaan Informasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencanakan kegiatan pada Seksi Pengelolaan Informasi Publik berdasarkan program kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Pengelolaan Informasi Publik
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Informasi Publik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Informasi Publik sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
  • melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis di Bidang Pengelolaan Informasi Publik berdasarkan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • pemberian bimbingan teknis dan sepervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan terkait fungsi Pengelolaan Informasi Publik dan penguatan kapasitas sumber daya pengelolaan dan pelayan informasi publik sesuai dengan prosedurdan ketentuan yang berlaku dalam rangka pelayanan pengelolaan informasi daerah
  • melakukan pengelolaan, pengkalsifikasian serta uji konsekuensi terhadap data informasi publik penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan dalam pengambialn kebijakan daerah
  • melaksanakan pelayanan informasi publik melalui semua media resmi Pemerintahan berupa website, videotron dan mobil informasi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai sarana penyebarluasan informasi kepada masyarakat
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Pengelolaan Informasi Publik sesuai dengan pelaksanaan tugas berdasarkan ketentuan yang berlaku
  • melaporkan hasil kegiatan Seksi Pengelolaan Informasi Publik sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik

Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik yang di kepalai oleh Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan sepervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pengendalian komunikasi publikuntuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintahan Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik memiliki fungsi:

  • penyiapan bahan peremusan kebijakan teknis operasional pengendalian Seksi Komunikasi Publik
  • pembuatan konten Informasi publik
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencanakan kegiatan pada Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik berdasarkan program kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Pengelolaan Informasi Publik
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
  • melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis di Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik berdasarkan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • melaksanakan pemantauan isu publik melalui berbagai aspek media serta melaksanakan penjaringan aspirasi publik serta partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai media pelayanan publik
  • melakukan pembinaan dan pengembangan komunikasi publik melalui pemberdayaan kelompok dan organisasi masyarakat serta pemanfaatan media tradisional berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai sarana komunikasi publik
  • melakukan pembinaan dan pemberdayaan serta koordinasi kelompok/komunitas komunikasi pemerintah dan lintas sektoral dalam peningkatan kualitas dan kuantitas komunikasi publik berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pelaksanaan tugas
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan pelaksanaan tugas berdasarkan ketentuan yang berlaku
  • melaporkan hasil kegiatan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.

Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media

Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media yang dikepalai oleh Kepala Seksi Dokumentasi Dan Hubungan Media mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan sepervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi dokumentasi informasi publik dan hubungan dengan media.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media memiliki fungsi:

  • penyediaan informasi dan bahan komunikasi publik
  • penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan openi publik, pengendalian komunikasi publik, serta layanan informasi dan dokumentasi publik dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas Kepala Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  • merencanakan kegiatan pada Seksi Pengelolaan Dokumentasi dan Hubungan Media berdasarkan program kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media
  • membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
  • memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
  • melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis di Bidang Dokumentasi dan Hubungan Media berdasarkan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas
  • melaksanakan penginventarisasi dan pendokumentasi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan dalam pengambilan kebijakan daerah
  • menyiapkan bahan dan melakukan fasilitasi kegiatan publikasi melalui media massa sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai peyebarluaskan informasi pembangunan daerah
  • melakukan kerjasama dan jaringan publikasi dengan mesia massa berdasarkan peraturan yang berlaku dalam rangka membangun kemitraan dalam penyebarluaskan informasi pembangunan daerah
  • melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  • mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi
    Dokumentasi dan Hubungan Media sesuai dengan pelaksanaan tugas berdasarkan ketentuan yang berlaku
  • melaporkan hasil kegiatan Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja dan
  • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan.