Kepala Dinas

Tugas Pokok

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian serta tugas pembantuan yang diberikan.

Fungsi

Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian.
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian.
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian.
  4. Pelaksanaan administrasi dinas di bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian.
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan persandian.

Uraian Tugas

Uraian tugas Kepala Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah:

  1. Merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis dan rencana strategis pada Dinas Komunikasi dan Informatika berdasarkan Rencana Strategis dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Mengkoordinasikan kebijakan daerah dalam bidang komunikasi dan informatika, statistik dan persandian berdasarkan Rencana Strategis dinas daerah agar tercapai target kerja sesuai dengan rencana.
  3. Membina bawahan di Lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika dengan cara rapat/pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan.
  4. Mengharapkan pelaksanaan tugas bawahan di Lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas.
  5. Merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika.
  6. Merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Bidang E-Coverment dan Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika.
  7. Merumuskan kebijakan dan mengendalikan kegiatan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sesuai dengan ketentuan yang berlaku pencapaian target kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika.
  8. Merumuskan dan menetapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan.
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika dengan cara membandingkan rencana yang akan datang.
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas di Lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan rencana kerja dinas sebagai akuntabilitas kenerja bidang komunikasi dan informatika.
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah pimpinan baik lisan maupun tulisan.